Monday, September 15, 2008

Bumi Planet Paling Sempurna

Pernahkah terpikir di benak kita' bahwa kita sedang mengendarai sebuah pesawat luar angkasa yang sangat besar. Yang mana kendaraan angkasa ini memuat miliaran manusia jumlahnya. Itupun masih ditambah miliaran binatang, tumbuh-tumbuhan dan komponen-komponen bumi yang lainnya. Kendaraan itu adalah planet bumi. Salah satu planet dalam tatanan tata surya yang menempati urutan ketiga setelah merkurius dan venus.

Bumi bukan sekedar pesawat angkasa luar seperti yang dibikin manusia, tetapi Ia adalah sebuah kendaraan canggih yang memiliki fasilitas yang luar biasa. Didalamnya kita memperoleh segala yang kita inginkanuntuk melangsungkan hidup. Mulai dari makan, minum, berbagai macam sumber energi, udara dan atmosfer yang ideal dan segala macam fasilitas yang memungkinkan kitamelangsungkan kehidupan sehingga menurunkan generasi-generasi selanjutnya, selama ribuan tahun. Tidak ada satupun kendaraan ciptaan manusia yang sehebat dan sekomplit ini.
Bumi sebagai kendaraan angkasa yang sedang melaju diangkasa dengan kecepatan yang sangat tinggi. Tidak ada satupun pesawat buatan manusia yang dapat menandingi kecepatannya. Sebutlah kendaraan manusia yang tercepat diera modern ini yaitu pesawat Ulang Alik Challenger, Columbia atau Ariane. Rata-rata kecepatannya barulah sekitar 20.000 km/jam.
Tahukah kamu berapa kecepatan bumi kita melesat diangkasa luar ? tak kurang dari 107.000 km/jam !!! sebuah kecepatan yang sangat tinggi. Cepat sekali, lebih dari 5 kali kecepatan pesawat ulang alik buatan manusia.
Untuk apa bumi melesat dengan kecepatan sedemikian tinggi ?. ternyata bumi sedang bergerak mengitari matahari pada jarak 150.000.000 km dengan kecepatan tersebut, bumi bisa menyelesaikan putarannya terhadap matahari, sekali putaran dalam setahun atau 365 ¼ hari.
kenapa bumi meski mengitari matari? kenapa tidak diam saja? kalau seandainya bumi diam tidak mengitari matahari, maka bumi kita ini sudah nengalami kematian. Lho kenapa? karena bumi akan tersedot menuju matahari dan ahirnya lenyap terbakar di dalam api raksasa itu.
Sebagaai mana yang kita ketahui bahwa setiap benda langit memiliki gaya grafitasi yang bersifat menarik atau menyedot benda lain yang ada didekatnya. Justru karena gerakan melingkarnya itulah, maka sedotan matahari terhadap bumi bisa diimbangi.
Putaran mengelilingi matahari dengan kecepatan 107.000 km/jam itulah menghasilkan gaya sentrifugal yang melawan gaya tarik matahari secara seimbang. Maka, selama 5 miliar tahun, keseimbangan itu terjadi. Sehinga munculah kehidupan di muka bumi ini termasuk kita
Sebagai gambaran, anda pernah melaju dengan kendaran bermotor dengan kelajuan yag tajam? ketika anda bergerak menikung, maka saat itu anda seperti tekanan gaya yang melempar kendaraan anda keluar lintasan. itulah yang di sebut gaya sentrifugal. Nah, gaya itu berkerja pada bumi saat ia berputar mengelilingi matahari. Gaya itu pula yang menyebabkan terjadinya keseimbangan gaya tarik matahari dengan putaran bumi, jika bumi lebih lambat sedikit saja maka dipastikan bumi akan jatuh ke matahari dan kita semua dipastikan akan lenyap. sebaliknya kalau kecepatan bumi mengelilingi matahari lebih cepat sedikit saja, maka bumi akan terlepas dari orbitnya. Bumi akan terlempar keangkasa yang tak bertepi. Dan kitapun ikut lenyap di kedalaman langit.
Ada suatu kekuatan yang luar biasa dahsyat yang terus menerus menjaga keseimbagan bumi berputar mengelilingi matahari itu. Bayangkan selama 5 milyar tahun bumi terus berputar dengan kecepatan yang seimbang dengan gaya tarik matahari.


“ yang telah menciptakan tujuh Langit bertingkat – tingkat. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang maha pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatatlaj berulang-ulang, adalah kamu melihat sesuatu yang tidak seimbang ? “{ QS Mulk (67) : 3 }
Suatu ketika, pernah terlintas pertanyaan di benak kita : berapa besar ya, energi yang digunakan menggerakkan bumi selama 5 milyar tahun ?
Marilah kita coba menghitungnya. ]bayangkan saja massa bumi ini 6 juta-juta-juta-juta Kg (6.000.000.000.000.000.000.000.000) Kg yaitu angka 6 dengan nol sebanyak 24. Kecepatan bumi dalam mengelilingi matahari sebesar 107.000 Km/jam. Anggap saja gerakan bumi itu linier alias mengikuti garis lurus, maka secara sederhana kita bisa menghitung energi gerakan dangan menggunakan rumus energi kinetik E = ½ mv 2. Hasilnya adalah 2,65 x 10(33) joule, perdetiknya. Sehinga ,kalau kita hitung selama 5 milyar tahun energi yang sudah terpakai adalah:
E = 2,25 x 10(33) joule x 5 milyar tahun x 365 hari x 24 jam x 60 menit x 60 detik
= 418 x 10(33)joule
= 418.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 joule
yaitu dengan angka 418 dan nol sebaynak 28 kali joule
Suatu jumlah energi yang tidak mungkin tercukupi, meskipun seluruh energi yang ada di dalam perut bumi kita tambang dan kita bakar untuk memenuhi kebutuhan itu. Dan masih banyak lagi keajaiban- keajaiban alam yang tidak bisa dicapai oleh akal manusia. Namun semua itu bagi Alloh SWT sangatlah mudah. Sungguh maha besar Alloh SWT.

1 comment: